gravatar

Tips Trik Pencarian Google



Google diakui atau tidak sudah menjadi mesin pencarian yang sangat populer. Tapi tidak jarang Anda dihadapkan pada hasil pencarian yang tidak sesuai. Google sebagaimana web service lainnya tentu memiliki beberapa trik tersembunyi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Berikut beberapa tips trik yang semoga bermanfaat untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda cari mempergunakan Google.

Penyaringan Query
a. Sinonim. Jika Anda ingin mencari sinonim dari suatu kata, misal rumah maka tambahkan tanda ~ di depan keyword yang Anda masukkan. Dalam contoh ini, ~Rumah
Jika Anda tidak tahu dimana letak tanda~ itu, biasanya letak tombolnya ada di sebelah angka 1. Tekan tombol Shift lalu tekan tombolnya.
b. Tanda Tambah [+]. Kenapa tanda tambah? Jawabnya karena Google akan mengabaikan beberapa kata umum seperti dan, yang dan sebagainya. Untuk mencari kata yang memang membutuhkan kata-kata umum tersebut, tambahkan tanda + di depan kata tersebut. Misal, download +dan tips trik. Maka Anda akan mendapat hasil berbeda dimana kata “dan” akan diperhatikan oleh Google.
c. Frase. Jika Anda ingin mencari frase tertentu, misal sedang mencari lirik, quotes atau lainnya maka pergunakan tanda kutip dua ["] misal: “Ada asap ada api”.
d. Pencarian terkait. Maksudnya Anda sedang mencari sesuatu yang terkait dengan isi web atau apapun lainnya. Misal, Anda mencari sesuatu yang kontennya mirip atau terkait dengan kontek di detik.com, maka Anda ketikkan related:www.detik.com.
e. Saya Sedang Beruntung atau I’m Feeling Lucky. Pernah melihat tombol bertuliskan serupa di halaman awal Google? Pasti pernah. Nah, mungkin kita agak tidak memperdulikan dan mengklik tombol di sebelahnya. Tapi ternyata tombol ini justru memberikan hasil terbaik. Coba saja.
f. Mencari Hasil Terbaik di Wikipedia. Tentu hampir semua orang tahu apa itu Wikipedia. Ensiklopedi online terbesar dan kini menjadi acuan utama referensi sesuatu. Anda ingin mencari langsung di Google? Bisa. Ketik saja wikipedia atau wiki pada keyword yang ingin Anda temukan, misal wikipedia holtikultura atau wiki holtikultura.
g. Operator OR. Or yang dalam bahasa Indonesia adalah “atau” merupakan salah satu operator penting jika Anda mencari dua hal dalam satu pencarian, misal Air atau Api. Kenapa penting? Google akan mencari kata Air dan Api ketika Anda mengetikkan Air Api sebagai keyword, bukan Air atau Api. Jika Anda ingin menggunakan fungsi “atau” maka ketikkan Air OR Api atau bisa juga Air | Api. Tanda | dapat Anda temukan di atas tombol Enter, tekan Shift lalu tekan tombol tersebut.
Reference Tools
a. Kalkulator. Google bisa menjadi kalkulator online? Kenapa tidak? Langsung saja ketikkan operasi perhitungan yang Anda inginkan, misal 36*56-2/6+23+(4-1+2) lalu enter. Anda akan melihat hasilnya, (36 * 56) – (2 / 6) + 23 + (4 – 1 + 2) = 2 043.66667.
b. Konversi Satuan. Anda ingin mengetahui konversi satuan? masukkan saja keyword 2,5 liter dalam ml maka Anda akan mendapat hasil pencarian 2,5 liter = 2500 ml dan begitu selanjutnya.
Keyword Penting
a. filetype. Filetype ini berfungsi jika Anda ingin mencari hanya file dengan jenis tertentu. Misal PDF, DOC [untuk Word Document], PPT [untuk powerpoint] dsb. Cara mencarinya? ketikkan belajar internet filetype:pdf maka semua hasil yang tampil adalah dokumen PDF.
b. site. Berguna untuk melakukan pencarian di situs tertentu, misal pendidikan site:itb.ac.id maka Anda akan mendapatkan hasil dengan situs itb.ac.id berikut subdomainnya yang memiliki keyword pendidikan.
c. time. Tertarik mengetahui jam lokal di suatu tempat? ketik time Tokyo.
d. weather. Berfungsi untuk mengetahui cuaca atau musim di suatu tempat. Misal weather Punjab untuk tahu cuaca di Punjab.
e. Population. Berfungsi untuk mengetahui populasi termasuk jumlah pengangguran di suatu negara. Ketikkan “population” untuk populasi [tanpa tanda kutip] atau “unemployment rate” untuk rasio pengangguran [tanpa tanda kutip] diikuti negara atau negara bagian. Misal, population USA, atau unemployment rate Indonesia.
f. define. Keyword ini untuk menemukan definisi sesuatu. Contoh, define:USA.
g. Map. Anda mencari peta suatu tempat? Ketikkan saja Map diikuti tempat yang sedang Anda cari petanya, misal: map Pakistan.
h. image. Ingin mencari gambar di Google dengan lebih mudah tanpa harus memilih link image terlebih dahulu? Ketikkan saja keyword-nya disertai image. Misal, Bandung Image.
i. intitle. Hmm, yang satu ini mencari keyword HANYA pada judul. Ingin mencoba? Tambahkan saja intitle di depan keyword-nya. Coba ketikkan intitle:herbal.
j. inurl. Mirip dengan intitle, hanya inurl mencari pada alamat url, misal mencari web dengan kata “aneh”. Ketikkan inurl:aneh.
k. find Web Cam. Ini untuk mengetahui web yang memiliki web cam online. Ketikkan saja inurl:view/view.shtml.
l. info. Memberikan hasil informasi tentang suatu halaman web. Tambahkan saja info:namasitus, misal: info:itb.ac.id.
m. movie. Pecinta film? Mencari review film? Ketikkan saja movie: di pencarian Google, contohnya movie:sherlockholmes atau movie:sherlock holmes.
n. director. Ingin tahu sutradara suatu film? Ketikkan saja director:.
o. cast. Keyword ini untuk mengetahui aktor di balik suatu film. Ketikkan cast:namafilm.
Demikian tips trik pencarian Google ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Silahkan Berkomentar Gan. .

Sms Gratis

(Follow Me)

Yahoo Messenger

Chat


Website Perdana (abal abal inside)
Most Popular Article

Friends Link
Chat Klik Disini
Artikel Agama